Home Kegiatan Pameran Despro KreARTif GELAR KARYA DESPRO ITATS ke 10

GELAR KARYA DESPRO ITATS ke 10

707
0
SHARE

SURABAYA Dalam rangka memperkenalkan berbagai inovasi desain produk kepada masyarakat, Jurusan Desain Produk Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) menyelenggarakan Pameran Karya Mahasiswa bertajukDespro KreARTif ke-10pada Jumat-Sabtu, 29-30 Juni 2018 diCraft Center Royal Plaza Surabaya.

Selain sebagai sarana untuk memamerkan berbagai desain produk karya mahasiswa ITATS, Despro KreARTif adalah wadah publik untuk mengapresiasi karya desain mahasiswa, berupa tugas-tugas pada semester berjalan. Bertemakan FashioNative yakni memamerkan karya mahasiswa bertemafashion product and equipment.

Pameran yang sudah memasuki tahun ke-5 ini menampilkan lebih dari 80 karya mahasiswa. Despro KreARTif adalah sarana unjuk karya kreatifitas dan inovasi dari mahasiswa jurusan Desain Produk ITATS setiap semester. Karya mahasiswa diseleksi secara ketat sehingga tercipta iklim kompetisi dan menguji kompetensi mahasiswa Despro, ujar Dr. Moch. Junaidi Hidayat., M.Ds. selaku Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITATS.

Pameran ini, lanjut Junaidi, sebagai wadah penghubung antara potensi riset berbasis kreativitas dengan iklim industry kreatif sekaligus menjadi sarana dengan dunia industri dan masyarakat. Sehingga harapannya karya mahasiswa dapat diproduksi secara masal dan produk memiliki daya saing dalam pasar lokal maupun global.

Di samping pameran utama berisi karya mahasiswa, Despro KreARTif ke-10 dimeriahkan oleh berbagai kegiatan seperti kuis,live music,talk session,fashion show, dan presentasi karya tugas akhir dan desain produk mahasiswa.

Banyak karya mahasiswa yang tidak hanya kreatif, inovatif serta unik, namun pengunjung akan disuguhi produk yang memiliki nilai jual serta menjawab problematika di masyarakat berkaitan dengan desain, jelas Dr. M. Junaidi.

Contohnya sisa kertas semen mampu diolah menjadi sepatu pria yang casual dan sporty, sisa penyamakan limbah kulit dimanfaatkan menjadi produk sepatu wanita jeniswedges, alat bantu penyemaian taugebuat petanitauge, kursi roda khusus anak-anak penyandang disabilitas, hingga produk display pameran yang membantu UKM batik di Surabaya.

Bahkan pameran ini juga menampilkan produk UKM Mitra Binaan Jurusan Desain Produk ITATS salah satunya berasal dari alumni Despro ITATS yakni produk kap lampu dan kerajinan berbahan limbah bonggol jagung.

Produk ini mampu menjadi unggulan di kabupaten Gresik serta berhasil ikut dalam berbagai ajang pameran sejenis.

Sebagai alumni saya bangga, karena dahulu judul skripsi saya tentang bonggol jagung akhirnya setelah lulus bisa saya teruskan dan menjadi alternatif usaha yang saya tekuni hingga saat ini bahkan bisa saya sebarkan kepada komunitas anak muda di desa saya, ungkap Siswa Maulana, alumni Despro ITATS sekaligusownerkerajinan bonggol jagung yang berlabelKetanen Industri Kreatif.

Despro KreARTif, merupakan ajang pembuktian kompetensi mahasiswa terhadap dunia kampus dengan industri maupun tantangan problematika berbasis desain di masyarakat. (agus)