Home Aktifitas Gelar Karya Virtual Despro KreARTif 15 dan IIDSA 2021

Gelar Karya Virtual Despro KreARTif 15 dan IIDSA 2021

145
0

Gelar karya Desain Produk (Despro) KreARTif ke-15 di 29 juli 2021 ini adalah bagian dari kegiatan rutin tiap semester yang dilaksanakan oleh Jurusan Desain Produk Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS). Gelar karya Despro Kreartif 15 kali ini berbeda dengan kegiatan ditahun sebelumnya, yaitu dengan bergabungnya 3 kampus berbeda yakni Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), Politeknik Negeri Samarinda (Polnes), dan Universitas Trilogi Jakarta.

Melalui konsep sinergi dan kolaborasi ini, tentu akan membawa dampak yang luar biasa baik secara kuantitas dengan jumlah keikutsertaan pameran juga segi kualitas dari produk yang dipamerkan. Tidak hanya itu, keikutsertaan Bammons.art selaku pelaku industri kreatif / Usaha Kecil Menengan (UKM) semakin menguatkan bahwa Pameran Despro KreARTif semakin memiliki dampak yang signifikan, yakni peningkatan kompetensi mahasiswa melalui ajang pameran guna mengukur kemampuan mendesain produk serta secara tidak langsung menciptakan iklim kompetisi dimana karya yang dipamerkan tentu akan dilihat, diapresiasi, dinilai, bahkan dikritik oleh pengunjung pameran meski hanya melalui media online Indonesia Design Studio (IDS).

Selain itu, secara bersamaan juga dilaksanakan kegiatan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) 2021 yang diselenggarakan oleh Forum Afiliasi Aliansi Desainer Produk Industr Indonesia (ADPII) yaitu Forum Program Studi Desain Produk Indonesia yang dilaksanakan di ITATS. Forum ini memiliki anggota 21 Perguruan Tinggi Program Studi Desain Produk. Kegiatan IIDSA 2021 ini adalah kali pertamanya diselenggarakan, nantinya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap semester dengan tempat pelaksanaan IIDSA secara bergilir di Perguruan Tinggi yang berafiliasi ADPII. tutur Achmad Syarief, M.SD. Ph.D. ketua Forum Program Studi Desain Produk Indonesia.

Karya desain yang ditampilkan di acara IIDSA 2021 kemudian akan dikurasi oleh Dewan Kurator yang ditetapkan oleh ADPII. “Harapannya acara IIDSA yang diawali di ITATS dapat menjadi acuan perguruan tinggi sebagai bahan evaluasi untuk mengarahkan pengembangan program studinya. Nantinya hasil karya IIDSA 2021 tidak hanya ditampilkan pada halaman website saja, tetapi dipublikasikan dalam bentuk buku yang diterbitkan oleh penerbit ADPII pada Desember mendatang,” tutur Dr. Andry, Dewan Kurator IIDSA.

Buku karya tersebut sekaligus menjawab luaran proses pembelajaran di Jurusan Desain Produk dimana produk hasil karya mahasiswa diukur melalui unjuk kerja melalui karya ini merupakan luaran (outcomes) dari CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) yang telah ditetapkan masing-masing Prodi Despro sebagai standar kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap lulusan pada level yang dijalani (KKNI Level 6) tutur Dr. M. Junaidi Hidayat, M.Ds. sebagai Dewan Kurator IIDSA yang juga selaku Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITATS.

Selain itu Bagi pendidikan tinggi penyelenggara program studi desain produk, karya desain yang dihasilkan adalah unjuk kerja kompetensi yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi para stake holder pengguna lulusan. tutur Faza Wahmuda ST MT selaku Ketua Jurusan Desain Produk ITATS.

Selain acara Despro Kreartif 15 dan IIDSA 2021, juga ada Launching Buku Ergonomi penerbit ADPII serta Webinar tentang How to UI UX for Product Design ? dengan pembicara Dr. Achmad Syarief MSD Ph.D sebagai Ketua Forum Program Studi Desain Produk Indonesia ADPII dan Arie Kurniawan, ST., M.Ds. sebagai Ketua Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia ADPII. Kemudian dilanjutkan Talkshow oleh Alumni Desain Produk ITATS yang telah menjadi entrepreneur Desain Produk. Acara Despro Kreartif 15 ditutup dengan pengumuman kompetisi desain masker dan best design.