Home Aktifitas Desain Produk ITATS unjuk karya desprokreartif di event Kolaborasi DESAINFOR 2022 dengan...

Desain Produk ITATS unjuk karya desprokreartif di event Kolaborasi DESAINFOR 2022 dengan Teknik Informatika

29
0

Produk adalah salah satu kebutuhan hidup manusia. Di era industri 4.0 ini berbagai macam produk berkembang secara cepat dengan dukungan teknologi yang semakin berkembang. Seorang desainer produk memiliki tantangan dan peluang cukup besar di era saat ini. Tentunya dengan menjalin kerjasama, networking atau kolaborasi adalah kunci untuk menghasilkan produk yang kreatif dan inovatif. Mahasiswa Jurusan Desain Produk ITATS unjuk karya melalui pameran rutin yaitu Desprokreartif yang ke 17 kalinya. Sebagai bentuk kolaborasi untuk menciptakan produk yang inovatif, tanggal 02 Juli 2022 jurusan desain produk bersama dengan Jurusan Teknik Informatika menggelar event kolaborasi bertajuk “DESAINFOR” bertemakan “Desain Inovasi dan Teknologi menuju Indonesia Kreatif” dengan event pameran bersama, lomba poster tingkat nasional, tournament game mobile legends dan PUBG serta talk show bersama narasumber Hayde Starizki D Girsang, S.Ds. sebagai desainer professional Olympic Furniture yang sekaligus alumni Desain Produk ITATS dan juga Khisby Al Ghofari alumni Teknik Informatika yang bekerja sebagai backend software engineer Ruang Guru .

Pameran desprokreartif 17 ini menampilkan karya dengan dua tema, yang pertama Design Project yaitu karya Mahasiswa Tugas Akhir dan yang kedua Design Studio yaitu karya Mahasiswa Desain Produk ITATS pada mata kuliah Studio Desain Produk 1 sampai 5 di Semester Genap 2021/2022 ini. Total ada 120 karya yang dipamerkan secara offline di acara ini. Tak hanya itu, pameran ini juga dapat dinikmati secara online melalui laman website Indonesian Design Studio IDS yang sebagai wadah publikasi karya dalam bentuk ruang digital yang menghubungkan mahasiswa desain produk ITATS dengan alumni alumni sebagai desainer produk di dunia industri.

Karya-karya desain produk ini selain memiliki nilai estetika juga memiliki beberapa fokus solusi permasalahan diantaranya produk dengan aplikasi sederhana, nilai budaya, teknologi tepat guna, teknologi alternatif hingga teknologi berbasis pada Artificial Intelligence, User Interface dan User Experience. Tak hanya itu saja, karya lain yang ditampilkan sebagai penciri Desain Produk ITATS yaitu karya produk eksperimen dengan mengangkat isu lingkungan dengan memanfaatkan limbah atau bahan bekas sebagai material produk baru dan masih banyak karya lain yang dipamerkan. Karya-karya tersebut juga dipublikasikan melalui galeri digital Indonesian Design Studio IDS milik Desain Produk ITATS pada laman website https://studio.desproitats.com/.

Tujuan dilaksanakan kegiatan gelar karya desprokreartif ini adalah memberikan sosialisasi tentang pemahaman Visi Misi Tujuan dan Strategi Jurusan Desain Produk baik kepada pemangku kepentingan Internal yaitu Dosen dan Mahasiswa serta pemangku kepentingan eksternal yaitu pelaku Industri dan alumni Desain Produk ITATS. Selain itu juga sebaga sarana mengukur ketercapaian Visi Misi Jurusan Desain Produk dengan melakukan evaluasi dan menerima masukan dar stakeholder bagi mahasiswa desain sekaligus sebagai Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) di jurusan desain produk ITATS. Tutur Faza Wahmuda sebagai Ketua Jurusan Desain Produk ITATS. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman Best Design karya mahasiswa dan pemenang Lomba Poster Tingkat Nasional.