Home Aktifitas Peran Aktif Desain Produk ITATS untuk Konvensi Good Design dan IIDSA 2021

Peran Aktif Desain Produk ITATS untuk Konvensi Good Design dan IIDSA 2021

196
0

Pra-Konvensi Forum Prodi

Forum Program Studi Desain Produk Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) menggelar Pra-Konvensi Good Design, Sabtu (24/07) yang berlangsung sukses meskipun dilaksanakan secara daring. Forum ini menghadirkan Ketua Program Studi dari 21 Perguruan Tinggi serta 1 orang pendamping anggota Forum. Pra-Konvensi ini merumuskan tentang Desain yang Baik level 6 KKNI Indonesia (Kriteria Good Design tingkat Sarjana). Acara yang berlangsung seharian penuh ini berhasil menjaring aspirasi dari peserta dan menghasilkan kesepakatan bersama tentang Good Design tingkat Sarjana (Level 6).

Tak kalah menariknya, Pra-Konvensi ini juga menghadirkan 3 narasumber yakni Damang Sarumpaet (praktisi) yang menyampaikan presentasi tentang Standar Indonesia Good Design sebagai upaya Startegis Promosi Desain Indonesia), Mizal Allan de Neve (Praktisi) membicarakan tentang Student Award), serta Prof. Imam Buchori Zainuddin (akademisi) menyampaikan tentang Good Design dari sudut pandang akademisi. Acara pra-konvensi ini merupakan rangkaian besar Forum Program Studi Desain Produk terkait penyelenggaraan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) yang merupakan ajang penghargaan bagi karya desain produk untuk mahasiswa. Acara IIDSA sendiri akan diselenggarakan pada Kamis (29/7) dan Despro ITATS diamanahi sebagai host penyelenggaraan IIDSA yang untuk pertama kalinya digelar oleh Forum Prodi Desain Produk ADPII ini.

Pra konvensi Good Design ini juga dihadiri Arie Kurniawan., M.Ds. (Ketua ADPII) serta para Dewan kurator Desain Produk yang beranggotakan Achmad Syarief, MSD., Ph.D (Ketua Forum Prodi Desain Produk), Dr. Adhi Nugraha, M.A. (Ketua Dewan Pembina ADPII), Dr. Andry Masri, M.Sn., Dr. YannesMartinusPasaribu, M.Sn., Dr. MochammadJunaidiHidayat, ST., M.Ds, EllyaZulaikha, S.T, M.Sn, Ph.D., dan Dr. Rahmawan D. Prasetya, S.Sn., M.Si.Nantinya para dewan kurator ini akan bertugas menyeleksi dan memberikan evaluasi dalam ajang IIDSA. Faza Wahmuda., ST., MT., selaku Ketua Jurusan Desain Produk ITATS menyampaikan bahwa melalui pra-konvensi ini, Desain Produk ITATS berkontribusi secara nyata terhadap pemikiran good design sekaligus membuka diri pentingnya paradigma good design untuk level 6 KKNI. Selain itu, DESAIN PRODUK ITATS yang dipercaya sebagai host penyelenggaraan IIDS merasa bangga mendapat kepercayaan besar ini dari Forum Prodi serta ADPII. Ini skeligus sebuah kerjasama dengan 21 anggota forum guna menjawab kurikulum berbasis MBKM, jelas Faza Wahmuda., ST., MT.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Moch. Junaidi Hidayat., ST., M.Ds. selaku salah satu Dewan Kurator yang juga dosen Desain Produk ITATS mengatakan bahwa melalui pra-konvensi ini juga membahas dan mendiskusikan bersama tentang apa dan bagaimana kategori komoditi through design, perbedaan mendasar dari profesional dan level 6 KKNI, serta pembahasan tentang derajad kebaruan terutama di level 6. Forum diskursif ini menjadi arena merumuskan, mensepakati, serta menarik benang merah bagi peserta tentang good design di level 6 KKNI. Forum ini juga sarana penguatan organisasi Desain Produk sekaligus penguatan bagi visi Jurusan atau Prodi Desain Produk di Indonesia. Tentu saja hasil pra-konvensi memberikan sumbagsih untuk penyempurnaan kurikulum khususnya bagi Despro ITATS, terang Dr. Moch. Junaidi yang juga selaku Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITATS. (salam Despro kreARTif)