Home Aktifitas Aktifitas Dosen Dari Rakernas Forum Prodi ADPII | Despro ITATS Siap Luncurkan Jurnal...

Dari Rakernas Forum Prodi ADPII | Despro ITATS Siap Luncurkan Jurnal Karya Desain

280
0

Jurusan Desain Produk (Despro) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) berperan aktif dalam penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) di Universitas Trisakti Jakarta, Jumat (21/2) lalu. Rakernas ke-3 Forum Prodi Disain Produk diikuti 17 perguruan tinggi anggota Forum di seluruh Indonesia, serta empat perguruan tinggi penyelenggara non anggota sebagai peninjau atau pengamat. Acara Rakernas dibuka oleh Rektor Universitas Trisakti (Usakti), Prof dr Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD.

Ketua ADPII, Dino Fabriant mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Kongres ADPII ke-3 dibagi menjadi dua bagian, yakni Rakernas Forum Program Studi Desain Produk serta kongres yang digelar pada hari Sabtu (22/2) sebagai acara puncak kegiatan acara. Rakernas kali ini menghadirkan Pradipto Sugondo, Executive Officer of Research & Development PT Astra Daihatsu Motor, yang juga anggota profesional perseorangan ADPII yang menyajikan seluk beluk serta tantangan Desainer Produk Otomotif di Indonesia.

Selain itu, Dino mengatakan bahwa topik utama Rakernas ADPII antara lain tentang penyelenggaraan Prodi Desain Produk menyikapi berbagai perubahan dan pergeseran, seperti kebijakan pemerintah dengan kabinet baru, khususnya kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim tentang Kampus Merdeka. “Penguatan lembaga yang dilakukan bersama, hingga isu penting dari perkembangan keprofesian yang harus diantisipasi oleh lembaga pendidikan tinggi,” katanya.

Beberapa kegiatan 2020 telah diputuskan sebelumnya seperti rencana workshop penulisan jurnal di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dan Seminar ID Design III di Universitas Esa Unggul. Melanjutkan apa yang telah dirintis sebelumnya, terbitan Jurnal Desain Indonesia ADPII tetap diupayakan untuk terbit, jurnal tersebut diselenggarakan atas kerjasaman dengan jurnal-jurnal yang diselenggarakan oleh anggota forum Prodi se-Indonesia.

Sementara itu, Jurusan Desain Produk ITATS akan ikut berperan aktif dalam penerbitan Jurnal Karya Desain yang direncanakan terbit pada awal bulan Maret. Jurnal ini adalah hasil penelitian mahasiswa Tugas Akhir dengan format sebuah karya. Pendekatan tata tulis Jurnal ini menjadi penting, mengingat format jurnal desain melalui pendekatan karya desain belum baku di Indonesia. Sehingga, sumbangsih Despro ITATS akan menjadi tawaran menarik bagi anggota Forum Prodi Despro se-Indonesia, ujar Faza Wahmuda, Ketua Jurusan Despro ITATS. Jurnal karya desain ini, lanjut Faza, juga didukung keberadaanya oleh Forum Prodi Despro sekaligus akan diterbitkan oleh Penerbit ADPII.

Semoga sumbangsih sederhana ini bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan penelitian serta keilmuan Desain Produk di Indonesia, terutama bagi Perguruan Tinggi, harap Faza. Salam Despro KreARTif.